Rabu, 21 September 2011

Sewing Project : Wiron

Beberapa minggu yang lalu aku nerima order jahit Kebaya wisuda dari temen deketku... dan kebaya itu udah 50 persen selese.... berikut ini aku kasih tahu cara buat wiron ya.... (Wiron itu rok Jawa yang ada lipit2nya di tengah itu looooh....!! dan wiron dibuat tanpa ada pengguntingan/pemotongan kain, jadi langsung jahit getho...
 Pertama yang harus diperhatikan waktu mewiron (wiron bisa jadi berarti lipit dalam bahasa Indonesia) melipat bagian pinggir sewek yang bertiras(dilipat ke dalam).

eh... aku nongol........



Yang di atas itu kertas pola berisi pola kebayaku.

Untuk pemotongan kain, dll lanjut di sesi selanjutnya ya.....

Senin, 19 September 2011

OREND'S SEWING PROJECT

Akhir - akhir ini pengeluaranku bocor banget...!!! Satu, gara - gara Lebaran, dengan 'terpaksa' aku harus mengeluarkan uang untuk ngasih duit ke beberapa kaum Dhuafa (ponakan2-ku) dan 'menyisihkan' beberapa lembar uang untuk beli baju. Tapi itu semua adalah rencana saja.... pada kenyataannya yang terjadi, aku hanya memberi uang (beneran uangku) untuk adiknya cowokku, laennya aku pake duit bokap. (hehehehehe)

Dan yang lebih heboh lagi, pas hari Raya aku g pake BAJU BARU!! Bukan karena apa -apa, tapi emang belon beli...!!! Jadinya aku pake baju kakakku buat nerima tamu di rumah. Oh my God, uripku rek... koyok begini... akhirnya besaoknya aku langsung ke toko baju dan membeli 5 pcs baju sekaligus...!! dan dua hari kemudian aku kembali lagi, lalu membeli 3 pcs baju. Oh.... indahnya dunia.......

Lalu, setelah membayar, aku baru sadar, Ya Tuhan, aku kan harus buat baju Kostum untuk pagelarannya Arva...!!!!! Setiap tahun Arva School of Fashion mengadakan Peragaan Busana Akbar untuk menampilkan hasil karya murid Arva. Dan sebagai 'Staff' yang baik, aku juga harus ikut-ikutan membuat costume. Pembuatan kostum pastilah membutuhkan uang dan tenaga yang berlebih. Huwwwaaa...... gimana dong...?? Apalagi baju yang kubeli  nggak boleh dibalikin sama kasirnya (*Plaaak.... ya iyalah!)

Jadi, Mulai sekarang aku akan membuat tag khusus Orend's Sewing Project. Lalu sewing Project-ku yang pertama adalah membuat kostuuum....!!!! yeeee....... tepuk tangan semua...!!!!

 Sewing project ketika masih SMA dulu... (aduuuh jadi malu... udah tua...)
 Yang ini malah Sewing project pertama-ku waktu kelas 2 SMA yg mengantarkanku ke dunia jahit menjahit dan dunia perbisnisan. Panda ini sangat berjasa besar atas hidup dan pekerjaan yg kupunyai saat ini.
Arigatou gozaimasu... Panda-chan....!
 Baju merah batik di atas adalah sewing project yg kukerjakan waktu kuliah dan terus terang lagi terhimpit ketiak (*Lhoooh...!) maksudku biaya hidup. Hasilnya lumayan, bisa beli kacang goreng. Baju ini pesanan Mantan mbak Kosku. mbak Mila... aku akan selalu mengenangmu..... (*Plaaak....! dia belum meninggal, dodol!)
Nah loh.... baju di atas adalah sewing project ketika sudah lulus kuliah dan 'terpaksa mengikuti lomba PKBL BUMN tahun 2010 lalu. walaupun nggak menang dan hanya jadi penggembira, aku tetep seneng...

Kalo yang ini agak baru... ini yang kubuat sewing project adalah celemeknya. dasi polkadot orange dan celemeknya satu kesatuan. Celemek itu dibuat untuk memeriahkan acara Gathering Siswa Arva School of Fashion tanggal 19 April 2011 kemaren (april apa maret, y?). Tema acaranya adalah "ICON" atawa sesuatu yang bisa merubah hidupmu. Icon yang yang menjadi pacuan hidupku adalah sebuah JERUK. Jadilah celemek dengan tema jeruk di atas. Cute, kan...? Kawaii-ne...?!

Yang jelas mulai sekarang aku akan memperajin diriku untuk kategori Sewing Project ini karena aku udah nafsong soro buat kerajinan tangan. Hahahahha... tunggu project selanjutnya dariku...!!!!!

Senin, 05 September 2011

PATCHWORK season 2

Setelah bergelut seminggu, akhirnya tas buatanku jadi. Hasilnya lumayan untuk pertamakali membuat patchwork. Bentuk tas ini dibuat lucu dan unik, yaitu limas persegi empat. Dan di bagian depan dan sisinya aku sengaja ada permainan techmo, yaitu perpaduan patchwork, unfinish, dan aplikasi. Patchwork adalah penggabungan potongan - potongan kain sehingga menjadi bentuk tertentu. Unfinish adalah suatu bentuk mengrusakan kain (dijrawut - jrawut) sehingga disebut unfinish (belum selesai). Lalu aplikasi adalah salah satu jenis embelishment (hiasan) yang dibuat dari potongan kain yang dijahitkan di kain yang lain.

Bagaimana.....? cukup keren untuk pemula kan?
Lain kali aku akan membuat tas yang lebih unik lagi.................



like this please.....